Minggu, 09 Agustus 2009

SISDIK PBM KELAS 1 SMK AL-ISLAM 2008/2009

SISTEM PENDIDIKAN DAN PROSES BELAJAR MENGAJAR
( SISDIK PBM )
KELAS 1 SMK AL-ISLAM JORESAN
TAHUN PELAJARAN 2008/2009




A. PROSES PEMBELAJARAN

Dengan berorientasi pada pengembangan kemampuan ketrampilan,maka untuk mata diklat yang ada di kelas 1 SMK al-Islam Joresan menggunakan metode pembelajaran yang saling berkaitan dan saling melengkapi,mencakup :

1. Pembelajaran di kelas
Tenaga pendidik/guru akan memberikan materi diklat dengan metode ceramah (penyampaian teori),tanya jawab/diskusi dan presentasi tugas.Hal ini dimaksudkan agar peserta didik/siswa lebih memahami dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas.Dalam penyampaian materi,tenaga pendidik berpedoman pada buku atau pun referensi lain yang merupakan penjabaran kurikulum.

2. Praktikum
Praktikum bertujuan agar peserta didik lebih memahami teori-teori yang diberikan di kelas dengan melakukan praktek langsung di laboratorium maupun bengkel.

3. Tugas
Peserta didik bekerja perorangan atau dibagi dalam kelompok untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh tenaga pendidik.


B. EVALUASI KEBERHASILAN

1. Evaluasi keberhasilan PBM
Dalam aspek ini perlu adanya evaluasi terhadap penyelenggaraan pendidikan,kesesuaian sarana dengan tujuan,serta keikutsertaan peserta didik dalam proses pendidikan itu sendiri.Evaluasi bertujuan untuk perbaikan atau penyempurnaan penyelenggaraan proses pembelajaran pada tahun pelajaran berikutnya.

Adapun aspek manajerialnya meliputi :

a. Evaluasi Program
 Penyimpangan dari rencana
 Usaha di luar program dalam menghadapi tuntutan situasi
 Usaha penyesuaian cara yang sudah diprogramkan
 Cara penyajiannya dan sebagainya
b. Evaluasi Fasilitas/Sarana
 Kesiapan,ketersediaan maupun kerusakan sarana
 Usaha mengatasi gangguan
c. Evaluasi Peserta Didik
 Kedisiplinan
 Keaktifan selama pembelajaran
 Kehadiran minimal 75%

d. Evaluasi Tenaga Pendidik
 Kesiapan dan kedisiplinan dalam memberikan materi
 Penilaian kualitatif terhadap pelaksanaan tugas
 Peningkatan kemampuan dan ketrampilan

2. Evaluasi keberhasilan peserta didik
Evaluasi keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran meliputi ;

a. Derajat penguasaan materi
Bertujuan untuk menentukan seberapa jauh seorang peserta didik pada akhir semester mendapat hasil dari usahanya mengikuti proses pembelajaran.

b. Hal-hal yang mempengaruhi penguasaan mata diklat
Evaluasi ini ditujukan pada hal-hal yang dapat mengganggu terjadinya proses penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran,baik di kelas maupun di laboratorium.
Contoh : Ketidakhadiran tenaga pendidik/guru.

c. Penilaian
Poin yang dinilai dan bobot penilaian untuk mata diklat praktikum adalah :
Ujian tulis dan atau praktek : 50 %
Tugas dan laporan praktek : 40 %
Kehadiran minimal 75% : 10 %
d. Remidi
Bagi peserta didik yang belum memenuhi nilai Standar Ketuntasan Belajar Mimimal (SKBM) yang ditetapkan, akan dilakukan remedial (ujian ulang).



Joresan, Juli 2008

Wali Kelas


Muhammad Adib Rifa’i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar